Sabtu, 15 Juni 2013

Mencari Produk yang Tepat pada ClickBank


Bukan suatu rahasia, sukses atau gagal sebagai seorang affiliate marketer sering dipengaruhi oleh pemilihan produk yang akan dipromosikan. Awalnya, pemilihan suatu produk terlihat mudah, cuma mendaftar ke ClikBank dan pilih salah satu dari ribuan produk yang tersedia lalu membuat Hoplink dan cantumkan ke dalam website kita - selesai. Akan tetapi beberapa minggu kemudian, kita mulai bertanya-tanya kenapa kita belum menghasilkan penjualan satu pun.

Patut dimaklumi bahwa pemilihan produk bagi pemula cukup membingungkan. Bagaimana kita tahu produk yang kita promosikan akan laris manis? Bagaimana persaingannya? Apa arti segala angka statistik yang ada?

Walaupun tidak ada metode yang memberikan jaminan 100% dapat menemukan produk menguntungkan tetapi ada beberapa hal dalam tutorial ini yang dapat diikuti untuk meningkatkan peluang tercapainya kesuksesan bisnis melalui ClickBank.



Menentukan Niche
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan pasar yang ingin digarap. Pemilihan pasar yang berkaitan dengan hobi, ketrampilan, dan pengalaman  bisa menjadi awal yang baik. Apakah Anda pecinta hewan peliharaan? Pernahkah Anda mengalami masalah kesehatan tertentu? Memiliki pengetahuan akan niche tertentu dapat memberikan keuntungan tersendiri jika kita terjun ke dalamnya karena lebih cepat dan mudah untuk membuat halaman yang persuasif dan dapat dipercaya jika kita tahu betul apa yang kita bicarakan.

Mengenal Pelanggan
Bagaimana menemukan pembeli dalam pasar ini? Seberapa luas pasar niche yang kita pilih? Jika terlalu kecil maka kita akan kesulitan melakukan penjualan. Jika terlalu luas, mesin pencari kesulitan membuat rangking terhadap website kita sehingga peluang akan menghampiri.

Memilih Produk dengan Penjualan Terbaik
ClickBank menggunakan istilah "gravity" untuk menggambarkan sebaik apa penjualan suatu produk berdasarkan banyaknya penjualan dan kekinian penjualan. Direkomendasikan untuk memilih produk dengan gravity sebesar 30+ karena memiliki riwayat penjualan baik oleh berbagai marketer. Gravity yang terlalu tinggi (misalnya 100+) mengindikasikan bahwa persaingan ketat pada niche tersebut. 

Ragam Produk
Idealnya, kita ingin mencari pasar yang memiliki beragam produk yang berkaitan pada ClikBank. Alasannya adalah jika hanya ada satu produk dalam niche tersebut maka kita akan menghadapi persaingan ketat dengan marketer yang sudah ada dan memiliki basis yang kuat. Di samping itu dengan adanya produk yang beragam maka memungkinakan bagi kita untuk membuat halaman review yang dapat meningkatkan peluang membuat penjualan. Dengan halaman tersebut maka pengunjung akan merasa bahwa produk telah melalui proses evaluasi yang lengkap dan mereka sekarang telah dalam posisi siap membeli.

Persentasi Komisi yang Tinggi (>65%)
Jujur saja bahwa kita tidak akan kaya jika hanya memperoleh komisi $2. Usaha keras kita sebagai seorang pemasar menjadi berarti jika dapat memperoleh komisi minimal $18 untuk setiap penjualan karena kita juga perlu banyak dana untuk iklan. Namun demikian, untuk produk yang nilainya tinggi, persentase komisi yang lebih rendah masih dapat dipertimbangkan.

Halaman Vendor yang Persuasif
Terakhir, jangan lupa untuk mengevaluasi halaman vendor, apakah terlihat meyakinkan atau tidak? Apakah mengakomodasi keinginan pasar? Apakah halaman tersebut persuasif dan terpercaya  atau malah terlalu berlebihan dan tak masuk akal? Apakah kita sendiri akan membeli dari situs seperti itu?

Memilih produk yang tepat untuk dipromosikan adalah langkah awal menjadi seorang affiliate marketer yang sukses, dan jika dilakukan dengan benar, kita dapat meningkatkan peluang untuk memperoleh penghasilan yang lumayan. Namun jangan berhenti sampai di situ. Terus pantau laporan Clickbank dan gunakan Tracking  ID untuk melihat produk atau halaman mana yang memiliki kinerja penjualan terbaik sehingga kita bisa memfokuskan segala upaya dan sumber daya yang dimiliki.



Baca juga:

Cara Membuat "Read More Links"
Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan Komputer
Fungsi IF pada Microsoft Excel
Konversi Angka ke Huruf dengan Microsoft Excel
Otomatisasi dengan Fungsi Index dan Match pada Excel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.