Sabtu, 13 April 2013

Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan Komputer

Setelah sekian lama komputer beroperasi biasanya mulai terasa kinerjanya menurun. Setiap kali booting atau membuka program aplikasi terasa lambat. Biasanya kita merasa komputer yang digunakan sudah tua dan sudah waktunya diganti. Namun sebelum melangkah ke situ ada baiknya Anda mencoba langkah-langkah di bawah ini untuk mengembalikan kecepatan komputer Anda seperti waktu pertama kali dibeli.

  1. Kosongkan folder Temp secara rutin karena biasanya folder ini terisi ratusan file yang selalu dipindai oleh komputer saat booting sistem operasi atau membuka program. Kondisi ini dapat memperlambat kecepatan komputer. Pada Windows 95, 98, dan Me, hapus semua file pada C:Windows\Temp. Sedangkan pada Windows 2000 atau XP, hapus semua file pada C:Documents and Settings\Administrator\Local Settings Temp. Sebaiknya tutup semua program (tidak hanya diminimalkan) saat melakukan prosedur ini.
  2. Kosongkan file internet sementara secara reguler. Caranya dengan membuka Control Panel > Internet Options kemudian klik tombol delete temporary files, history, cookies, saved passwords, and web form information.
  3. Periksa masalah pada hardisk komputer. Menggunakan Windows Explorer, klik kanan drive C kemudian pilih properties. Lalu pada tab Tools pilih error checking.
  4. Matikan fitur-fitur yang tidak perlu, Windows akan tetap berjalan dengan baik dan lebih cepat. Pada Windows XP fitur-fitur ini memang sejak awal dinyalakan. Untuk mematikannya, buka My Computer > Properties > Advanced. Pada kotak Performance klik setting kemudian pilih Adjust for best performance.
  5. Matikan Active Desktop dengan cara klik display properties kemudian matikan fitur tersebut.
  6. Matikan program yang tidak penting yang berjalan secara tersembunyi.
  7. Defragment hardisk.
  8. Install antivirus dan anti spyware yang memadai.
  9. Install program utility untuk membantu meningkatkan performa komputer Anda.

 



Baca juga:

Cara Membuat "Read More Links"
Fungsi IF pada Microsoft Excel
Konversi Angka ke Huruf dengan Microsoft Excel
Mencari Produk yang Tepat pada ClickBank
Otomatisasi dengan Fungsi Index dan Match pada Excel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.