Selasa, 02 April 2013

Kendalikan Autofocus Kamera DSLR

Pernahkan Anda mengalami kesulitan mengontrol autofokus kamera DSLR? Kita ingin memfokuskan ke titik yang tertentu tetapi lensa kamera malah fokus ke titik lain secara otomatis. Kejadian ini sangat mengganggu terutama jika objek yang akan diambil gambarnya selalu bergerak atau momennya dapat hilang sewaktu-waktu. Sebenarnya hal tersebut bukan menjadi masalah serius jika Anda tahu teknik mengatasinya.


Ada beberapa cara untuk mengontrol autofocus. Pertama, mengubah posisi kamera setelah autofocus mengunci titik yang dituju dengan cara mempertahankan tombol shutter ditekan setengah jalan. Setelah posisi kamera sesuai dengan yang diinginkan, tombol shutter dapat ditekan penuh. Kedua, mengubah pengaturan lensa menjadi manual setelah titik yang dituju tampak jernih menggunakan autofocus. Ketiga menggunakan fasilitas back button autofocusing. Fasilitas back button autofocusing memiliki nama yang berbeda untuk kamera dengan produsen yang berbeda pula. Pada kamera D90 keluaran Nikon yang saya miliki tombol tersebut bernama AE-L/AF-L. Letaknya persis di sebelah kanan viewfinder tempat kita mengintip obyek yang akan diambil gambarnya. Dua cara pertama mendahulukan upaya memfokuskan obyek kemudian mengubah posisi kamera sedangkan teknik terakhir bisa menjernihkan gambar dahulu atau menentukan posisi kamera dahulu sesuai keinginan.

Dengan teknik back button autofocus, jika ingin memfokuskan obyek terlebih dahulu kita tinggal menekan tombol shutter setengah seperti biasa kemudian menguncinya dengan menekan tombol AE-L/AF-L. Setelah itu baru mengubah posisi kamera seperti yang diinginkan. Akan tetapi cara ini mengandung risiko yaitu perubahan posisi kamera sedikit atau banyak juga dapat mempengaruhi kejernihan objek yang dituju. Masalah tersebut dapat diatasi dengan cara sebaliknya.  Ada beberapa perubahan setting kamera untuk melakukan teknik ini. Pertama, AF-area Mode perlu diubah menjadi single point tujuannya agar kita bisa menentukan titik mana yang akan digunakan sebagai panduan bagi kamera untuk memfokuskan obyek. Kedua, mengaktifkan tombol AF-ON. Dengan demikian setelah menentukan posisi kamera dengan titik fokus yang tepat, kita bisa menjernihkan gambar dengan menekan tombol AE-L/AF-L. Namun demikian cara ini juga tidak lepas dari kekurangan karena menentukan posisi kamera dengan titik fokus yang diinginkan juga cukup sulit dan kadang kurang memuaskan.

Sekarang tergantung penilaian Anda, cara mana yang paling cocok digunakan. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.