Senin, 01 April 2013

Red Coris Wrasse: Si Lincah



Red Coris Wrasse (Coris Gaimard) memiliki nama lain seperti Clown Wrasse, Red Labrid, dan Yellowtail Coris. Penamaan yang berbeda-beda tersebut mungkin merujuk dari pola dan warna kulit ikan ini yang menarik. Pada saat masih muda badannya berwarna jingga dengan garis-garis putih di punggungnya. Pola tersebut berubah seiring bertambahnya usia seperti badannya yang penuh dengan bintik-bintik biru dan ekornya yang berubah warna menjadi kuning. Perubahan pola dan warna seiring bertambahnya usia juga terjadi pada beberapa ikan laut lainnya.

Perilaku Ikan Keling ini cukup atraktif. Ia akan berenang secara aktif untuk mencari makanan di sela-sela karang yang  tak segan-segan digulingkannya jika dicurigai ada makanan yang tersembunyi di baliknya. Dengan perilaku seperti, semakin dewasa usianya maka ikan ini akan semakin destruktif. Oleh sebab itu ikan jenis ini tidak direkomendasikan untuk dipelihara bersama dengan koleksi koral Anda yang indah. Menariknya, jika ikan ini tidur atau merasa terancam, ia akan menguburkan dirinya di bawah pasir yang menjadi dasar akuarium.

Memelihara ikan ini cukup mudah karena cukup tangguh terhadap kondisi air yang kurang ideal. Di samping itu, makanannya pun cukup tersedia karena ikan ini aslinya adalah karnivora. Jadi pelet buatan pabrik atau daging-dagingan dapat diberikan. Akan tetapi dari segi perkembangbiakannya masih sulit dilakukan di akuarium. Sampai saat ini belum ada laporan yang mengklaim telah berhasil membudidayakannya. Dengan demikian para pencinta ikan hias air laut masih mengandalkan hasil tangkapan alam untuk bisa memeliharanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.